Posyantek Giri Mulya Kuranji, Raih Juara Satu Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Kalsel

oleh -12 Dilihat

BATULICIN,Mediabersujud.com – Alat Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Tanah Bumbu kembali mendapatkan Penghargaan sebagai Juara Pertama pada Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2024.

Yang mana peniaian itu diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Selatan.

Alat TTG yang menjadi juara tahun ini adalah Micro Filter TCM-TB Generasi kelima yang berasal dari Posyantek Giri Mulya Kecamatan Kuranji yang diciptakan oleh Mistai.

Alat ini adalah alat kesehatan generasi kelima yang digunakan untuk mengambil sampel dahak tes TBC.

Dengan diperolehnya peringkat pertama ini, Kabupaten Tanah Bumbu berhasil menjadi juara untuk yang kedua kalinya.

Tahun 2023 pada acara yang sama kabupaten Tanah Bumbu menjadi juara 1 dengan Alat deteksi Banjir dari Posyantek Gunung Karang Desa Karang Indah Kecamatan Angsana.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu, Samsir, Jumat (8/3/2024), dengan alat ini diklaim bisa menurunkan error mesin deteksi TBC hingga 0 persen.

Bahkan tidak adanya lagi error pada mesin deteksi TBC, tiap puskesmas yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu bisa menghemat hingga Rp 7.572.000, per tahun.

Samsir sangat mengapresiasi terhadap alat TTG yang diciptakan oleh Posyantek yang ada di kabupaten Tanah Bumbu.

Dinas PMD berkomitmen untuk terus memajukan Posyantek dengan melakukan Pembinaan Rutin dan menyelenggarakan Lomba  Inovasi Teknologi Tepat Guna di Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Tujunnya, untuk memacu penggiat TTG untuk terus berinovasi dan menciptakan alat-alat yang bernilai ekonomis dan mampu meringan pekerjaan masyarakat Desa.

Lebih lanjut lagi, dengan keluarnya Tanah Bumbu sebagai juara pertama, maka Kabupaten tanah Bumbu berhak untuk mewakili Provinsi Kalimantan Selatan pada Gelaran Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke XXV Tahun 2024.

” Tanbu akan mewakili kalsel digelaran tersebut yang rencananya akan digelar Bulan Mei di Lombok Nusa Tenggara Barat, ” tandasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.