Ekspose Program Desa Perikanan Cerdas, 6 Kelompok di Kampung Patin Tanbu Terus Didampingi Penyuluh

oleh -1583 Dilihat

BATULICIN, Mediabersujud.com, Laporan Khusus – Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar pimpin Ekspose Program Desa Perikanan Cerdas atau Smart Fisheries Village (SFV) Kampung Patin, Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat.

Selain launching, juga diselingi dengan Panen ikan Patin melalui Dinas Perikanan Tanah Bumbu, yang dihadiri langsung Kepala Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRPPBKP) Kementrian Kelautan dan Perikanan (Kemen KP) RI, Langgeng Nurdiansyah.

Kegiatan berlangsung di area Kampung Patin Lesehan Carina, Cekdam Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat, Rabu (20/12/2023) siang.

Yang mana area tersebut menjadi role model yang akan terus dilakukan pembinaan pengawasan berupa pendampingan penyuluh yang ditempatkan di SFV Kampung Patin ini.

Diketahui, SFV berlokasikan di Kampung Patin, Desa Sungai Dua Kabupaten Tanah Bumbu miliki luas 154,57 ha, Luas Kolam Existing 17,3 ha.

Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar menyambut baik dan penuh rasa syukur, atas dilaksanakannya Ekspose program Smart Fishery Village ini.

“Semoga dengan momentum penting ini, kita semua terus berupaya untuk bekerja dan berdoa dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan daerah kita dibidang perikanan ketahanan pangan dan produksi ikan lebih meningkat lagi,” ucapnya.

Lebih jauh disampaikan, program ini merupakan upaya Pemerintah daerah untuk meningkatkan dan mengembangkan Desa Perikanan, melalui program Smart Fisheries Village (SFV).

“ Kita perlu suatu komitmen bersama sebagai upaya sinergi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, serta pengembangan Sumber Daya Manusia dan Perikanan, guna mendukung penuh terwujudnya Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah,” tambah bupati.

Enam Kelompok Jadi Petambak Berkualitas

SMART Fisheries Village (SFV) Desa merupakan konsep pembangunan dari hulu ke hilir yang berbasis penerapan teknologi dan manajemen tepat guna, serta peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Ditambahkan Kepala Balai, Langgeng Nurdiansyah, didampingi Kadis Perikanan Tanbu, H Rozain, menyebutkan penetapan Desa Perikanan Cerdas di Kabupaten Tanah Bumbu ini, berdasarkan keputusan Kepala BRSDMKP Nomor 156 Tahun 2023 tentang Penetapan Lokasi Desa Perikanan Cerdas (Smart Fishery Village) BRSDM Tahun 2023.

” Sebelum Covid-19, kami sudah beberapa kali ke lokasi ini dari yang sebelum jalan bagus seperti ini, sampai sangat layak jalannya. Bahkan fasilitas sekarang dengan dukungan pemerintah daerah, sekarang ada balainya dan fasilitas pembenihannya, sudah luar biasa, ” katanya.

Setelah ini, kampung ini akan menjadi lebih baik dengan pendampingan penyuluh yang sidiapkan di kawasan tersebut.

” Ada 6 kelompok disini yang sudah terlatih, dan ini akam terus kita tingkatkan kualitas SDMnya, ” katanya.

Diketahui, Kampung ini mengusung prinsip keberlanjutan, modernisasi, akselerasi, regenerasi, dan Teknologi di setiap lokasi desa perikanan unggulan.

Dalam Kegiatan tersebut Bupati juga mengukuhkan Hj Wahyu Windarti sebagai Bunda Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Tanah Bumbu.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRPPBKP) Kementrian Kelautan dan Perikanan (Kemen KP) RI, sejumlah pejabat Pemkab Tanbu. Tampak hadir juga Wakil Bupati Tanbu Periode 2016-2021, H Ready Kambo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.