Optimalisasi Pelayanan Publik, Pemkab Tanbu Bangun MPP

oleh -1571 Dilihat

BATULICIN,Mediabersujud.com Laporan Khusus – Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar terus berupaya melakukan optimalisasi dalam pelayanan publik.

Upaya tersebut terlihat dari berbagai program dan kegiatan yang melahirkan produk pelayanan publik berbasis kemudahan.

Memaksimalkan kualitas pelayanan public secara prima, Zairullah Azhar Kembali membuat terobosan jitu pada Tahun 2024 mendatang.

Program jitu tersebut yaitu dengan menciptakan pelayanan terpadu satu pintu secara terpusat dalam satu gedung bernama Mall pelayanan Publik (MPP).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) setempat, Andrianto Wicaksono membenarkan terkait rencana pembangunan gedung MPP.

“Pak Bupati (Zairullah Azhar) ingin memberikan pelayanan berbasis kemudahan secara optimal bagi warga Bumi Bersujud,” terang dia di ruang kerjanya kantor DPMPTSP Pemkab Tanbu, Kamis (16/11/2023).

Saat ini, sambung dia, pelayanan publik baik dari Pemkab Tanbu maupun instansi pemerintah lainnya masih terpisah hingga belum memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Pak Bupati ingin semua pelayanan publik di satu area agar masyarakat tidak bolak balik saat mengurus apa pun,” sambung dia.

Andrianto memastikan di Mall Pelayanan Publik (MPP) sedikitnya ada 40 loket pelayanan dari instansi Pemkab Tanbu maupun instansi pemerintah provinsi dan pusat.

“Di MPP, salah satu pelayanan pemerintah daerah seperti loket pelayanan pendaftaran izin mendirikan bangunan (IMB) dari Dinas PMPTSP,” yakin dia.

Selain itu, pelayanan lain seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian.

“Di sana mau mengurus eKTP, kartu keluarga dan akta lahir ada loket Dispendukcapil. Kemudian, instansi pemerintah daerah lain juga ada loket pelayanannya,” beber dia.

Pelayanan publik lainnya, loket dari Kantor Urusan Agama (KUA) untuk pendaftaran pernikahan.

“Kantor Imigrasi bagi warga yang ingin mengurus parport juga ada loket pelayanannya di MPP,” beber dia.

Kemudian, sejumlah Perbankan seperti Bank Kalsel, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan lain-lain.


Gedung MPP Dibangun Tahun 2024, Pemkab Tanbu Alokasikan Rp 20 Miliyar

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Tanbu, Hernadi Wibisono melalui Kepala Bidang Bina Cipta Karya setempat, Amruddin mengatakan, saat ini untuk Pembangunan Mall Pelayanan Publik masih dalam tahap pembuatan RAB dan design gambar oleh konsultan perencana.

“Masih tahap ekspose lamporan antara perencanaan,” kata Amruddin.

Dia menjelaskan, setelah ini tahapan selanjutnya asistensi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI.

Menpan-RB RI kemudian melakukan verifikasi lokasi dan design bangunan untuk uji kelayakan.

“Aturannya memang seperti itu, setelah dapat rekomendasi dari Menpan-RB RI baru bisa lanjut proses pembangunan dan pengoperasian MPP,” jelas dia.

Saat ini, lokasi pembangunan Mall Pelayanan Publik rencananya di kawasan Kelurahan Batulicin Kecamatan Batulicin.

“Kebetulan ada lahan asset Pemkab Tanbu seluas 30×150 meter, cukup luas dan refresentatif,” sebut dia.

Menurutnya, untuk pembangunan MPP ini perlu lahan luas lantaran banyak fasilitas penunjang yang juga akan dibangun.

“Areal parkir yang luas, kemudian pusat UMKM, fasilitas umum dan fasilitas sosial,” tambah dia.

Amruddin mengatakan, gedung Mall Pelayanan Publik ini dibangun dengan konstruksi beton bertulang dengan dua tingkat.

“Alokasi anggaran sementara Rp 20 Miliyar,” tutup Amruddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.