Mewakili Bupati Tanbu, Asisten 1 Terima Audiensi Anggota Paskibraka

oleh -5 Dilihat

Mewakili Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Abah Zairullah Azhar, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, Eka Saprudin menerima audiensi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2024.

Bertempat di Kantor Bupati Tanah Bumbu di Gunung Tinggi, Batulicin, Rabu (5/6/2024).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tanbu, Nahrul Fajeri melalui Sekretaris Bakesbangpol, Halidie menyampaikan awalnya ada sebanyak 129 siswa dan siswi terbaik Tanah Bumbu yang mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Dari 129 orang tersebut, terseleksi lagi hingga terpilih sebanyak 55 orang anggota Paskibraka Tanah Bumbu.

“Totalnya 55 orang. Terdiri dari 45 orang akan menjadi anggota Paskibraka yang akan mengibarkan bendera merah putih pada pelaksanaan HUT RI Ke-79 di Kabupaten Tanah Bumbu. Sedangkan 10 orang lainnya menjadi cadangan,” ucap Halidie.

Nah, dari 55 orang yang lolos seleksi tingkat Kabupaten, sambung Halidie, sebanyak 4 pasang anggota Paskibaka Tanbu di kirim mengikuti seleksi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Dan keempatnya lolos ke tingkat Provinsi.

Selanjutnya, kata Halidie, 4 Pasang perwakilan Tanbu di tingkat Provinsi Kembali di seleksi untuk Paskibraka Tingkat Nasional. Hasilnya hanya satu orang asal Tanah Bumbu yang lolos seleksi ke tingkat nasional.

“Tiga orang sudah di pastikan mewakili Tanah Bumbu di tingkat Provinsi Kalsel. Sedangkan satu orang asal Tanah Bumbu mewakili Kalsel untuk seleksi tingkat Nasional,” ungkapnya.

Untuk tingkat nasional sendiri, sebut Halidie, Kalsel mengirimkan empat orang perwakilan. Salah satunya dari Kabupaten Tanah Bumbu.

“Mereka yang terpilih ikut seleksi di tingkat Nasional, pada 9 Juni ini akan berangkat ke Jakarta,” ucapnya.

Sementara itu, untuk anggota Paskibraka yang bertugas melaksanakan pengibaran bendera di tingkat Kabupaten, mereka juga terpilih untuk menjadi Duta Pancasila selama satu tahun.

Bupati Tanah Bumbu, Abah Zairullah Azhar melalui Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra, Eka Saprudin menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat kepada anggota Paskibara yang nantinya bertugas di tingkat Kabupaten, Provinsi, dan ikut seleksi Nasional.

Eka mengatakan menjadi anggota Paskibraka merupakan hal yang membanggakan. Bukan hanya bagi orang tua, sekolah, tapi juga bagi daerah.

Tanah Bumbu, sebutnya Eka, tentunya sangat bangga. Apalagi sampai bisa mengirim putera-puteri terbaiknya pada pelaksanaan pengibaran bendera HUT Republik Indonesia (RI) tahun 2024.

“Dua kebanggaan kita. Yakni mewakili Kabupaten di tingkat provinsi, dan mewakili kabupaten pada seleksi tingkat nasional,” ucapnya.

Ia juga mendoakan agar paskibraka asal Tanah Bumbu yang ikut seleksi nasional meakili Kalsel bisa lolos dan terpilih jadi anggota Paskibraka Nasional

“Ini tentunya jadi kebanggaan. Karena HUT RI akan di peringati pertama kalinya di Ibu Kota Nusantara (IKN),” kata Eka.

Untuk itu, kepada putra-putri terbaik Tanah Bumbu ini, Eka berpesan agar dapat menjaga nama baik Tanah Bumbu nantinya.

“Jaga nama baik sekolah, daerah, dan orang tua,” ucap Eka.

Selain itu, Ia juga minta agar Anggota Paskibara terpilih untuk menjaga kondisi fisik dan mental saat karantina nanti.

“Karantina pasti melelahkan. Jaga kondisi fisik dan mental kalian,” pesannya.

Terkhusus kepada yang mengikuti seleksi nasional, Asisten 1 minta agar benar-benar menyiapkan fisik dan mental.

Karena, untuk tingkat nasional akan menjadi sorotan semua orang. Tampil di Televisi Nasional. Untuk itu, kata Eka tampilkan kemampuan terbaik, serta fokus saat latihan.

“Kalian ini akan menjadi contoh bagi adik-adik Paskibraka selanjutnya. Kepada Bakesbangpol dan pihak Sekolah, terus lakukan pembinaan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Adapun Paskibraka Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2024 yang mewakili Kalsel untuk mengikuti seleksi tingkat Nasional yakni Nurfatihah Rahmawaty dari MAN Tanah Bumbu.

Sedangkan tiga orang Paskibraka yang mewakili Tanah Bumbu pada tingkat Provinsi Kalsel yakni Fakhriza Fariz Waloyo dari SMKN 1 Satui, Ratna Anjani dari SMAN 1 Simpang Empat, dan Anastasya Indriani Cantika dari SMKN 2 Simpang Empat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.