BPBD Tanbu dan Tim, Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Desa Selaselilau dan Karang Bintang

oleh -83 Dilihat

BATULICIN,Mediabersujud.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengevakuasi warga terdampak banjir di Kecamatan Karang Bintang.

BPBD berada di lokasi bersama pihak Kecamatan, Aparat Desa, Babinsa, Polsek, Masyarakat, Dinas Kesehatan (Puskesmas), dan Dinas Sosial.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Tanbu, Sulhadi terjun langsung ke lokasi banjir di Desa Selaselilau RT 1, 2, 3 dan 4, pada Jumat (2/2/2024).

Penyebab banjir yakni meluapnya sungai di Karang Bintang akibat kiriman air dari Sungai Mantewe.

Dampak kejadian tersebut menyebabkan air merendam permukaan rumah warga, sawah dan perkebunan.

Untuk Desa Selaselilau tinggi mata air kurang lebih 100 cm di permukaan jalan dan tergenang 1 km. Ada 1 buah rumah yang terendam sehingga memgungsi di rumah keluarga.

” Korban terdampak banjir RT 01 sebanyak 27 KK, RT 02 sebanyak 31 KK, RT 03 sebanyak 23 KK, dan RT 04 sebanyak 29 KK, ” sebutnya.

Sedangkan Desa Karang Bintang ke tinggian air di dalam rumah hingga 30 cm. Korban terdampak RT 03 sebanyak 42 KK, dan RT 04 sebanyak 18 KK, Warga yang terdampak di evakuasi 8 Jiwa.

“Jumlah total yang terdampak ada sebanyak 170 KK,” sebutnya.

Adapun upaya yang dilakukan BPBD yakni melakukan pemantauan dan evakuasi warga terdampak banjir bersama Basarnas, aparat desa, warga dan pihak kecamatan.

Melakukan pendataan rumah warga yang tergenang banjir. Serta kordinasi dengan pihak desa, kecamatan, TNI/Polri serta Puskesmas Karang Bintang.

Untuk sarana dan prasarana yang di turunkan untuk melakukan evakuasi yakni 1 Unit Mobil Rescue, 1 Unit Mobil Triton, 1 Unit ambulance.

Kemudian, 3 Perahu Karet, 4 buah Dayung Perahu, dan 10 buah Leafjacket.

Kondisi saat ini air surut sekitar 5 cm di Desa Selaselilau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.