Ratusan Hektar Sawah di Tanah Bumbu Gagal Panen

oleh -8 Dilihat

BATULICIN,Mediabersujud.com –  Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu menyebutkan ratusan hektar lahan pertanian di sejumlah Kabupaten Tanah Bumbu mengalami gagal panen akibat banjir yang melanda areal persawahan.

Kepala DKPP Tanah Bumbu H. Hairuddin di Batulicin, Rabu (12/6/2024) menyampaikan lahan pertanian yang tergenang itu diantaranya di Kecamatan Satui.

Ia menyebut setidaknya 298 ha lahan tanaman padi yang terdampak banjir di Satui dengan umur tanaman padi 110 hari setelah tanam (HST).

“Seperti Desa Sungai Danau/Barakat Mufakat, Satui Timur, Tegal Sari, Sinar Bulan/Beruntung Jaya, Makmur Mulia/Makmur Jaya, Sekapuk dam Satui Barat.” Bebernya.

“Sebagian padi sudah waktunya panen, namun hujan datang lalu kemudian banjir,” kata Hairuddin.

Adapun upaya penanganan yang telah pihaknya lakukan dengan mendata lahan pertanian terdampak banjir dibeberapa kecamatan, ditindaklanjuti melaporkan ke pemerintah daerah agar mendapat bantuan.

“Kami sudah mendata, nanti akan diusulkan bantuan benih padi (bibit). Selain ke pemerintah daerah juga ke Kementrian,” ujarnya.

Mengenai penyebab banjir, ia menjelaskan intensitas hujan yang tinggi menjadi salah satu penyebab banjir yang berdampak pada lahan pertanian di kecamatan Satui, Kusan Tengah dan Kusan Hulu kabupaten Tanah Bumbu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.