PAD Wisata Tanah Bumbu Naik 2 Kali Lipat

oleh -27 Dilihat

BATULICIN, Advertorial Khusus, Mediabersujud.com – Liburan Tahun Baru telah usai, kini aktivitas dan rutinitas telah kembali dan bekerja seperti tahun sebelumnya.

Selama liburan akhir tahun dan tahun baru, rata-rata tempat wisata di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, dipenuhi pengunjung yang jumlahnya mencapai ribuan atau bahkan ratusan ribu.

Diketahui, di Kabupaten Tanah Bumbu memiliki sejumlah pesona wisata yang ramai dikunjungi masyarakat. Ada yang dikelola Pemerintah Daerah, masyarakat hingga swasta.

Nah, untuk wisata yang dikelola Pemerintah Daerah dan Desa, tentu saja menghasilkan pendapatan yang yang disebut Pendapatan Asli Daerah (PAD) dibidang Objek wisata.

Wisata yang dikelola Pemerintah Daerah yang menggunakan karcis retribusi masuk objek wisata yakni Pantai Angsana, Pantai Batu Buaya, Pantai Rindu Alam dan Goa Liang Bangkai.

Adapun pendapatan disektor pariwisata di tahun 2023 ini totalnya sebesar Rp 825.961.000. Angka ini, naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp Rp 420.970.000.

” Alhamdulillah, tahun ini kita bisa meningkatkan dua kali lipat PAD Wisata kita, dan tahun 2024 kita optimis akan naik lagi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata setempat, H Syamsuddin, Senin (7/1/24).

Dibawah kepemimpinannya, objek wisata terus dibenahi dan fasilitas penunjang objek wisata juga terus ditambah.

Secara bertahap, kawasan pariwisata terus dikelola dengan baik untuk memanjakan masyarakat yang berkunjung.

” Kita punya komitmen agar Tanah Bumbu menjadi tempat kunjungan wisata dan kami terus berbenah untuk meningkatkan PAD Wisata, ” kata Udin sapaan Akrabnya.

Berikut pendapatan retribusi objek wisata dari 28 Desember 2023 hingga 1 Desember 2024,

1. Pantai Angsana
Pantai Angsana adalah objek wisata yang berda di Desa Angsana Kecamatan Angsa Kabupaten Tanah Bumbu

Pendapatan Retribusi objek wisata libur tahun baru Rp 47.100.000
Jumlah kunjungan yang tercatat sebanyak 6.460 orang

2. Pantai Batu Buaya , Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui

Pendapatan Retribusi Objek Wisata ini Rp 53.690.000
Jumlah Kunjungan : 5.579 orang

3. Goa Liang Bangkai
Goa Liang Bangkai berada di Desa Bulurejo Kecamatan Mantewe

Pendapatan Retribusi Objek Wisata Rp 8.053.000
Jumlah Kunjungan : 946 Orang

4. Pantai Rindu Alam
Pantai Rindu Alam berada di Desa Betung Kecamatan Kusan Hilir

Pendapatan Retribusi Objek Wisata ini Rp 78,857,000
Jumlah Kunjungan wisata : 9.617 orang

Diluar dari 4 wisata yang menggunakan karcis retribusi masuk tempat wisata, juga ada pendapatan di Pantai Pagatan dari Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Mandi Cuci Kakus (MCK) selama liburan akhir dan tahun baru sebesar Rp 1.061.000.

Total pendapatan dari 28 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024, totalnya sebesar Rp 180.861.000.

Dari hasil penelusuran media ini, berikut daftar wisata Lainnya ;

1. Pantai Pagatan
Pantai Pagatan merupakan Pantai yang lokasinya persis di wilayah perkotaan Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir yang berada ditengah-tengah dan dekat dengan sejumlah fasilitas olahraga, di antaranya Lapangan sepak Bola, Gedung Bulu Tangkis, Lapangan Basket, Bola Tenis dan Lapangan Volly ball.

2. Siring Pagatan
Destinasi Siring Pagatan, merupakan wisata pantai yang berada tepat disamping Jalan Nasional di Desa Sungai Lembu Kecamatan Kusan Hilir.

Siring Pagatan Ini, lebih memanjakan lidah dan mata para wisatawan. Sebab di wisata ini merupakan pusat kuliner khas Pagatan berupa pentol ikan. Selain itu, juga banyak makanan yang memanjakan lidah yakni dengan banyaknya warung yang berdiri disepanjang Jalan yang bedhadaoan dengan Pantai.

Pedagang juga menyuguhkan sejumlah makanan enak dilidah di antaranya Pisang Gapit, Jagung Bakar dan es kelapa muda.

3. Pantai Sungai Loban Indah
Pantai Ini berada di wilayah perbatasan desa Sungai Loban dan Betung. Lokasinya persis dipinggir Jalan Nasional dan ada sejumlah gajebo yang sudah dibangun dikawasan tersebut

4. Pantai Madani
Pantai Madani ini berada di Desa Sungai Loban Kecamatan Sungai Loban. Pantainya juga indah dan di tempat ini ada acara tahunan bagi umat Hindu Bali yakni Melasti yang digelar tingkat provinsi tiap tahunnya.

5. Air Terjun Mandin
Air terjun Mandi ini berada di KM 58 Kecamatan Mentewe, akseanya memang lumayan namun saat sampai di tempat ini, semunya akan terbayarkan dengan air terjun dan kolamnya itu.

6. Wisata Mangrove Pulau Burung
Destinasi wisata ini, baru beberapa tahun belakangan dikenal masyarakat dan dikelola aparat desa Pulau Burung Kecamatan Simpangempat.

Untuk menuju lokasi harus menggunakan kapal sekitar 15 menit dari Kelurahan Tungakaran Pangeran yang telah disediakan pengelola.

Wisata hutan mangrove dan swafoto bisa dinikmati di tempat ini, bahkan saat musim buah duren, tempat ini jadi kunjungan pemburu buah durian.

Pantai Dikelola Swasta
Pantai Jo Cemara adalah Pantai yang dikelola swasta. Lokasinya berada di Desa Pulau Salak Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu.

Di pantai ini ada ada banyak wahana permainan. Selain itu juga miliki fasilitas penunjang di antaranya Kolam Renang, Resto hingga Villa.

Tentu saja, untuk menikmati fasilitas tersebut juga harus membayar tarif yang telah ditentukan pengelolanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.