Hibah Dana Parpol, Bupati Tanbu; Tingkatkan Kualitas Demokrasi

oleh -59 Dilihat
Hibah Dana Parpol, Bupati Tanbu; Tingkatkan Kualitas Demokrasi

Batulicin, Media Bersujud.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar Ekspos Akhir Kajian Bantuan Keuangan Partai Politik atau Hibah Dana Parpol.

Ekspos bantuan keuangan bagi 8 partai politik dengan keterwakilan di DPRD tersebut, terlaksana di kantor Bupati setempat, Jumat (17/11/2023).

“Saya harap bantuan hibah dana parpol ini penggunaannya nanti proporsional, tidak ada konflik kepentingan, bebas korupsi,” harap Zairullah Azhar.

Zairullah mengingatkan, penggunaan bantuan keuangan ini tentu dalam pengawasan dan pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Jadi, penggunaannya harus teratur, tercatat, dan riil serta dapat dipertanggungjawabkan,” pesan dia.

Penggunaan bantuan keuangan ini, juga dengan harapan mampu meningkatkan partisipasi politik.

Lebih lagi, memaksimalkan fungsi partai politik terhadap rakyat.

Salah satunya, melalui pendidikan politik dan pengkaderan serta rekrutmen politik yang efektif untuk menghasilkan kader calon pemimpin berkualitas.

Terlebih, sambung Zairullah, partai politik harus mampu membangkitkan semangat masyarakat dalam berpartisipasi aktif.

Serta, mengedukasi masyarakat agar bijak dalam menyikapi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Tentu terimakasih kepada lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) atas kerjasamanya dalam mengerjakan pokok kajian bantuan ini,” sambung dia.

Zairullah menambahkan, harapan dengan adanya bantuan hibah dana parpol ini dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Bumi Bersujud..

Menimpali, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) setempat, Nahrul Fejeri menyebut kajian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bantuan.

“Apakah benar-benar memberi manfaat dalam peningkatan kualitas demokrasi di Serambi Madinah. Sebabnya, memilih lembaga independen yang berasal dari ULM,” tutup Nahrul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.