BPBD Kabupaten Tanah Bumbu Imbau Masyarakat Tetap Siaga dan Bersiap Dievakuasi

oleh -9 Dilihat

BATULICIN,Mediabersujud.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBDKabupaten Tanah Bumbu menginformasikan perkiraan cuaca mingguan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan periode 12–18 Juni 2024 di Kabupaten Tanbu.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tanbu, Christina Dewi Untari mengatakan pada 12–14 Juni 2024, cuaca diperkirakan berawan hingga hujan ringan, dengan potensi hujan sedang hingga lebat. Sementara pada 15–18 Juni 2024, umumnya berawan dengan potensi hujan ringan.

Waspadai hujan sedang disertai kilat dan angin kencang pada 12 Juni 2024, serta potensi hujan singkat pada 13 Juni 2024 dan 16 Juni 2024.

“Perahu nelayan dan kapal harus berhati-hati terhadap gelombang tinggi hingga 2,5 meter di perairan Kalsel pada 12 Juni 2024,” katanya, Rabu (12/6/2024).

Merespons prediksi BMKG Kalsel, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanbu, Sulhadi mengungkapkan pihaknya mengimbau masyarakat tetap waspada dan mengikuti petunjuk petugas untuk segera mengungsi jika terjadi banjir. Ia mengatakan semua petugas telah dikerahkan untuk berjaga dan tetap siaga di Kantor BPBD.

Koordinasi juga telah dilakukan dengan Dandim 1022/Tanbu, Kapolres Tanbu, dan Basarnas untuk bersiap menghadapi banjir. “Air masih tinggi di DAS Kusan Hulu. Di Satui, BPBD bersinergi dengan perusahaan untuk mengevakuasi warga terdampak banjir,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, Bupati Kabupaten Tanbu, Zairullah Azhar juga telah berkeliling memberikan bantuan kepada warga di kecamatan terdampak. “Pengungsi yang terdampak banjir pun telah ditangani dengan baik bersama Dinas Sosial,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.