Sinergi PT Arutmin Site Batulicin Bersama BPBD Tanah Bumbu, Gelar Pelatihan Bentuk Destana

oleh -26 Dilihat

BATULICIN,Mediabersujud.com – Upaya hadapi bemcana, Arutmin Indonesia Tambang Batulicin bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berikan pelatihan tanggap kebencanaan bagi desa, Selasa (10/09/24).

Kegiatan ini dalam rangka kemitraan antara PT Arutmin site batulicin dan BPBD Tanah Bumbu untuk membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) di desa lingkar tambang Batulicin.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Arutmin Meratuss Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat.

Kegiatan diikuti 50 Peserta dari Karang Taruna, Badan Usaha Desa (Bumdes), Aparat Desa, Masyarakat dan perwakilan Tim penanggulangan Bencana Desa Mantewe yang dinarsumberi oleh BPBD, PT Arutmin Site Batulicin dan Pos Unit SAR Batulicin.

H Ibnu Salam, selaku Kepala Desa (Kades) Sungai Dua dalam sambutannya menyampaikan sangat berterima kasih pada narasumber yang melungkan waktu untuk memberikan ilmu kepada masyarakat.

“Masyarakat dapat menyimak dengan baik ilmu yang diberikan, sehingga ada sesuatu yang diambil pada pertemuan ini dan bisa diterapkan saat terjadi bencana”, Ucap Kades.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD H Sulhadi melalui M Ahsani Fauzan selaku Kepala Sub Pencegahan menyampaikan, saat ini harus bersama-sama mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana, karena bencana tidak bisa diduga.

“Kita harus memiliki pengalaman dan pengetahuan kebencanaan agar bisa mengurangi kerugian yang disebabkan oleh bencana,” ucap Kalaksa.

Sementara itu, Akhmad Nurkholis dari Management PT. Arutmin Indonesia Site Batulicin mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program PPM Bidang Sosial dan Budaya dalam aspek kebencanaan.

Tentunya ini sinergi bersama pemerintah daerah dengan harapan masyarakat dapat konsisten mengikuti program ini dan akan terus berlanjut kedepannya.

“Garis besarnya, masyarakat dapat menyerap dasar-dasar ilmu yang diberikan narasumber, sehingga masyarakat cepat tanggap saat terjadi bencana di daerah untuk melakukan penanganan dini,” ucap Nurkholis.

Dalam kesempatan ini, Arutmin bersama BPBD membawakan materi konsep Destana, sedangkan dari Pos Unit SAR batulicin membawakan materi Upaya Penyelamatan Korban Bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.